Langkah Langkah Service Kompor Yang Benar

No Comments

Sejak tahun 2000n masyarakat Indonesia mulai beralih menggunakan kompor gas. Selain ada bantuan dari pemerintah juga minimnya pasokan minyak tanah. Banyaknya pengguna kompor gas diikuti juga banyaknya permasalahan yang terjadi, seperti meledaknya tabung gas. Kejadian tersebut sontak membuat ibu ibu was was menggunakan kompor gas. Meskipun demikian untuk menanggulangi terjadinya kebakaran karena ledakan tabung gas, banyak hal yang perlu menjadi perhatian. Berikut ini hal hal yang bisa anda lakukan guna menghindari terjadinya ledakan tabung gas :

1. Pastikan Selang dan Regulator Terpasang dengan Benar
Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah pemasangan selang dan regulator. Ketika keduanya tidak terpasang dengan tepat dapat memicu kebocoran gas. Jadi setlah mengganti tabung gas, pastikan keduanya sudah terpasang dengan tepat baru anda bisa menyalakan kompor. Tanda sudah tepat jika dipasangkan dengan tabung gas sudah ada bunyi klik, dan pastikan tidak banyak lipatan pada selang yak.

2. Pastikan Regulator Berfungsi dengan Baik
Fungsi dari regulator adalah untuk mengatur serta menstabilkan aliran gas menuju kompor sehingga api yang dikeluarkan juga merata. Namun jika apinya tidak merata anda bisa cek regulatornya, jika terdengar bunyi mendesis berarti ada kesalahan atau regulator anda rusak. Dan lama lama akan tercium bau gas karena terjadi kebocoran.

3. Menggati Selang dan Regulator Secara Berkala
Tidak ada barang yang akan tetap seperti baru yang ada hanya barang yang bisa digunakan dalam waktu lama. Namun semakin lama pasti ada penurunan kualitas. Begitupun dengan selang dan regulator kompor gas, pastikan anda melakukan perawatan berkala dan menggantinya jika sudah dirasa tidak layak guna.

4. Pilih Tabung Gas dengan Kondisi Fisik yang Masih Bagus
Memilih tabung gas yang masih bagus juga perlu menjadi perhatikan. Pasalnya jika secara fisik tabung gas itu sudah berkarat artinya sudah lama digunakan. Meskipun yang digunakan adalah isi dari tabung tersebut memilih tampilan fisik yang masih baik bisa dipertimbangkan ketika akan membeli. Dan pastikan juga ada logo SNI, Pertamina dan Depnakertrans yak.

5. Lepas Regulator Ketika Hendak Meninggalkan Rumah dalam Waktu Lama
Jika anda perantau biasanya akan pulang dalam waktu lama ketika musim lburan tiba. Nah untuk menhindari terjadinya ledakan akibat tabung gas, maka anda perlu melepas regulator sebelum anda meninggalkan rumah dalam waktu lama. Ini sudah menjadi salah satu tips agar rumah tetap aman ketika ditinggal pemiliknya dalam waktu lama.

Kelima hal tersebut bisa dijadikan perhatian untuk anda. setidaknya anda sudah berusaha untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat dari tabung gas atau kebocoran gas. Apalagi bagi anda yang sangat awam dengan dunia service kompor, sangat disarankan untuk mencari informasi sebelum menggunakan untuk waktu yang lama.

Categories: Jasa Service Kompor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *